Pentol Kuah Pontianak Sedap Disantap Sore-Malam, Ini Resep dan Cara Buatnya!

0 Comments

Pentol Kuah Pontianak

Pentol kuah Pontianak adalah salah satu hidangan khas dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan ini terbuat dari adonan tepung tapioka dan daging ikan yang dicampur dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian direbus dalam kuah yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu-bumbu.

Kuah yang digunakan dalam hidangannya ini memiliki rasa yang kaya dan gurih, berkat campuran bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, daun bawang, dan kecap manis. Selain itu, jajanan tersebut jugga disajikan dengan pelengkap seperti tauge, irisan ketimun, dan sambal kacang yang memberikan rasa dan tekstur yang berbeda.

Jajanan khas Pontianak ini biasanya dijual di warung-warung makan atau pedagang kaki lima yang berada di berbagai sudut kota. Hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat Pontianak dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Sejarah Pentol Kuah Pontianak

Makanan ini memang bukan makanan asli dari Kota Pontianak, namun menjadi populer dan diadopsi oleh masyarakat Pontianak dalam beberapa dekade terakhir. Hidangan ini berasal dari daerah asalnya yaitu Semarang, Jawa Tengah dan mulai dikenal di Pontianak sejak tahun 1960-an ketika banyak orang Jawa pindah ke Pontianak dan membuka usaha warung makan.

Dalam beberapa tahun terakhir, jajanan tersebut semakin populer dan menjadi kuliner ikonik dari Kota Pontianak. Hidangan ini bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas dari Pontianak.

Resep dan Cara Membuatnya

Untuk membuat pentol kuah Pontianak, daging ikan yang sudah dicincang halus dicampur dengan tepung tapioka, garam, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, dan merica. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan direbus dalam air mendidih hingga matang.

Sementara itu, untuk membuat kuahnya, bawang putih, jahe, dan merica dihaluskan, kemudian ditumis dengan minyak goreng hingga harum. Setelah itu, air ditambahkan ke dalam tumisan bumbu dan didihkan bersama dengan bumbu-bumbu lain seperti daun bawang, saus tiram, kecap manis, dan garam.

Setelah kuah matang, bola-bola pentol dimasukkan ke dalam kuah dan direbus sebentar agar meresap ke dalam pentol. Pentol kuah Pontianak siap disajikan dengan tambahan pelengkap seperti tauge, irisan ketimun, dan sambal kacang.

Sedap Disantap Sore-Malam Hari

Lezatnya jajanan khas Kota Pontianak ini jadi rekomendasi jajan di sore dan malam hari. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati pada saat sore dan malam hari, ketika cuaca sudah mulai sejuk dan Anda ingin mencicipi makanan yang hangat dan gurih, serta disajikan dengan berbagai pelengkap yang semakin menambah kelezatan hidangan ini.

Jajanan itu dapat ditemukan di berbagai warung makan dan pedagang kaki lima yang tersebar di seluruh kota. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan gurih, serta disajikan dengan berbagai pelengkap seperti tauge, ketimun, dan sambal kacang yang membuatnya semakin lezat dan nikmat.

Menikmati pentol kuah Pontianak pada saat sore dan malam hari juga menjadi kegiatan yang populer bagi masyarakat Pontianak. Banyak orang yang suka menikmati hidangan ini di sela-sela aktivitas mereka setelah beraktifitas seharian.

Selain itu, harga pentol kuah Pontianak juga sangat terjangkau, sehingga cocok bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Pontianak tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

Harga Pentol Kuah Pontianak

Harga pentol kuah Pontianak dapat bervariasi tergantung dari tempat dan ukuran porsi. Harga yang umumnya ditemukan untuk pentol kuah di Pontianak adalah sekitar Rp. 3000 – Rp. 10.000 per porsi.

Harga tersebut bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung dari variasi isi pentol dan juga bahan-bahan pelengkap seperti tauge, mie kuning, dan sambal yang disediakan. Beberapa tempat mungkin juga menawarkan harga yang lebih mahal tergantung dari lokasi dan fasilitas yang disediakan.

Namun, secara umum, pentol kuah Pontianak masih tergolong sebagai makanan yang sangat terjangkau dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Selain itu, kelezatan dan keunikan hidangan ini pastinya membuat harga yang dibayarkan sepadan dengan sensasi yang diberikan pada lidah Anda.

Tempat Jualnya

Beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat Pontianak untuk menikmati pentol kuah antara lain di Jalan Imam Bonjol, Jalan Gajah Mada, Jalan Pahlawan, dan Jalan Sumatera. Tempat-tempat ini terkenal karena menjual pentol kuah yang enak dan menjadi favorit masyarakat Pontianak.

Dalam beberapa tahun terakhir, jajanan tersebut juga semakin dikenal di luar Kota Pontianak dan bahkan menjadi kuliner yang populer di beberapa kota di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari kelezatan dan keunikan hidangan ini yang membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya.

Masyarakat Pontianak sangat menyukai jajanan tersebut, banyak tempat di kota ini yang menjualnya. Menikmati pentol kuah di sela-sela aktivitas setelah beraktifitas atau sebagai makanan malam juga menjadi pengalaman yang menyenangkan dan unik.

Tak hanya di Pontianak, jajanan ini juga dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hidangan ini telah menjadi populer dan menjadi salah satu kuliner yang disukai oleh banyak orang karena kelezatan dan keunikannya.

Jika Anda berada di Kota Pontianak, jangan lupa untuk mencoba pentol kuah sebagai salah satu kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Selamat menikmati!

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *