List Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba! Jangan Kelewatan Ya

0 Comments

Makanan Khas Pontianak

Berkunjung ke suatu daerah sepertinya tidak afdol jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut, begitu juga jika kamu sedang mengunjungi Kota Khatulistiwa Pontianak, kuliner khas daerah Pontianak cukup hits dalam lidah masyarakat Indonesa, karena menemukan makanan khas Pontianak di luar daerah Pontianak cenderung mudah, namun pastinya memakan kuliner dari tempat asalnya pasti lebih otentik dan menggugah selera.

Pontianak terkenal dengan beberapa wisata yang unik dan menarik, selain itu juga banyak jenis hidangan asli Pontianak yang enak- enak, jika kamu sudah mencicipinya maka dijamin kamu akan ketagihan dan betah tinggal disini. Berikut adalah list makanan khas Pontianak yang wajib kamu coba.

  1. Choipan

Kudapan yang satu ini cukup sering dibicarakan bahkan hingga diliput oleh para food vlogger dan televisi nasional, hidangan ini terbuat dari campuran tepung beras dan tapioca lalu diberikan isian yang bermacam- macam mulai dari bengkoang, kucai dan talas. Proses memasaknya  dilakukan dengan cara dipanggang diatas wajan atau Teflon kemudian diberi sedikit air, membuat dan memasak choipan membutuhkan teknik khusus agar rasanya tetap enak.

Choipan termasuk kuliner Pontianak enak yang wajib dicoba bagi pelancong yang sedang liburan atau berkunjung ke Pontianak. Isian choipan yang gurih dan yummy akan cocok untuk lidah orang Indonesia, apalagi jika dipadukan dengan bawang putih goring diatasnya dan juga cocolan saus yang lezat. Meskipun banyak orang Pontianak yang berjualan choipan di luar Pontianak, tentu saja memakan choipan di kota asalnya dengan sekaligus merasakan kebudayaan aslinya merupakan perpaduan yang tidak boleh dilewatkan.

2. Bubur Ikan

Jika bubur biasanya dibuat dari beras yang dimasak hingga halus, berbeda dengan bubur yang berasal dari Pontianak ini. Bubur ikan merupakan perpaduan nasi dengan siraman sup ikan dan sayuran yang bening dan gurih. Ikan yang digunakan untuk lauk makanan ini biasanya adalah ikan kakap merah atau kakap putih, ikan toman dan ikan alu- alu, kadangkala pelengkap bubur ini bukan hanya ikan namun juga jenis hewan laut lainnya yakni cumi- cumi.

Makanan khas Pontianak yang satu ini sangat cocok disantap pada saat musim penghujan atau pada saat malam hari, kaldunya yang gurih dengan paduan kuah panas akan membuat badan hangat. Sangat jarang menemukan makanan Pontianak ini di luar daerah Pontianak meskipun ada sudah pasti yang menjual adalah warga asli Pontianak.

3. Bakwan Khas Pontianak

Kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, jenis gorengan ini bahkan sudah banyak dijual di daerah luar Pontianak sehingga menemukannya tidak begitu sulit. Bakwan sebenarnya banyak dijual di daerah lainnya di Indonesia, akan tetapi bakwan Pontianak memiliki khas tersendiri dengan isian kucai dan udang, sensasi bakwan yang unik dan berbeda semakin menambah cita rasa ketika menikmati hidangan yang satu ini.

Menikmati bakwan khas Pontianak akan sangat pas dengan tambahan saus atau cabai rawit. Meskipun cukup mudah ditemui di luar Pontianak tentu sensasinya akan berbeda jika kamu mneikmati makanan ini di daerah asalnya.

4. Pengkang

Makanan ini dibuat dari beras ketan yang dicampur ebi dan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, uniknya makanan ini dimasak dengan cara dibakar, proses pembakaran tersebut nantinya akan memunculkan aroma nikmat yang pastinya mneggugah selera makanmu. Biasanya Pengkang akan lebih nikmat apabila disajikan dengan sambal kerang.

Pengkang tergolong kuliner Pontianak yang lezat, kamu bisa menikmati santapan ini jika sedang berada di Pontianak, pengkang memiliki bentuk yang unik dan mirip tumpeng mini, namun isinya mirip dengan lemper, hanya yang membedakan jika lemper biasanya berisi suwiran ayam maka pengkang berisi udang kering atau ebi. Makanan khas Kalimantan Barat ini bisa menjadi pengganjal perut untuk sementara waktu.

5. Bingke

Bukan hanya makanan gurih yang enak- enak, Pontianak juga memiliki ragam makanan manis yang tak kalah lezat, salah satunya kue bingke, kue ini biasanya dibuat dengan menggunakan tepung beras yang dicampur dengan telur, gula pasir dan santan kelapa. Proses memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama karena harus dipanggang dua kali dengan menggunakan komor dan oven, namun rasa kue ini tidak akan membuatmu menyesal, rasa manisnya akan bercampur dengan aroma khas yang wangi.

Kue bingke kini memiliki banyak varian rasa yang boleh dicoba, beberapa diantaranya yang paling banyak ciburu oleh wisatawan adalah bingke keju, bingke berendam, bingke pandan, bingke kentang, dan bingke daging sapi.

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing- masing, makanan khas Pontianak kebanyakan merupakan hasil perpaduan dari dua kebudayaan yakni budaya asli Indonesia dan budaya Tionghoa. Kuliner Pontianak diatas boleh menjadi referensi makanan yang bisa kamu cob ajika sedang berada di Pontianak.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *