Lagi Berburu Kuliner? Ini Tempat Wisata Kuliner Pontianak yang Recommended

0 Comments

Wisata Kuliner Pontianak

Pontianak yang menjadi ibu kota provinsi Kalimantan Barat tak hanya terkenal dengan wisata rekreasinya saja, ada juga ragam wisata kuliner yang dapat memanjakan dan memuaskan lidah Anda. Berikut tempat-tempat wisata kuliner Pontianak.

Wisata Kuliner Pontianak

Ada banyak makanan khas Pontianak yang bisa dijadikan sebagai referensi wisata kuliner saat berkunjung ke Kota Khatulistiwa ini.

  • Jalan Siam

Jalan Siam merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Pontianak yang sangat terkenal. Lokasinya terletak di Jalan Siam, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Pontianak.

Di sini, Anda bisa menemukan beragam hidangan kuliner khas Pontianak, seperti nasi goreng, mie kuah, bakso, dan tentu saja pentol kuah. Hidangan yang disajikan di sini harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000.

Suasana di Jalan Siam sangat ramai dan seru. Di malam hari, tempat ini dipadati oleh pengunjung yang ingin mencicipi kuliner Pontianak.

Jangan khawatir tentang fasilitas di sini, banyak meja dan kursi yang disediakan untuk pengunjung sehingga kamu dapat menikmati hidangan dengan nyaman.

  • Pasar Khatulistiwa

Pasar Khatulistiwa merupakan pasar tradisional terbesar di Pontianak yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dan juga kuliner. Pasar ini terletak di Jalan A. Yani, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Pontianak.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai hidangan tradisional seperti nasi jaha, jajanan pasar, dan aneka makanan ringan. Harga yang ditawarkan di sini sangat terjangkau, mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000.

Pasar ini sangat ramai dan padat oleh pengunjung, terutama pada akhir pekan. Namun, pasar ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, area makan yang nyaman, dan toilet yang bersih.

  • Nasi Ayong 999

Nasi Ayong 999 terletak di Gg. Gajah Mada 15, Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, tempat ini menawarkan menu andalan yang sangat sederhana, yaitu nasi putih dengan telur ceplok di atasnya dan kecap manis.

Namun, rasa khas dari masakan ini yang dihasilkan dari bumbu rahasia yang digunakan telah membuatnya menjadi incaran pengunjung. Bahkan, menu ini telah muncul di salah satu konten dari YouTuber Tanah Air dan telah ditonton sebanyak 12 juta kali.

Meskipun menu utama di sini adalah nasi telur, Nasi Ayong 999 juga menawarkan menu lain yang tak kalah lezat. Selain itu, pengunjung yang ingin mencoba kuliner ini harus rela antri dalam antrian yang cukup panjang.

  • Kampung Jawa

Kampung Jawa adalah tempat kuliner yang terletak di Jalan Baru, sekitar 7 kilometer dari pusat kota Pontianak. Di sini kamu bisa menemukan beragam hidangan khas Jawa seperti nasi liwet, sate kambing, dan aneka jajanan pasar. Harga yang ditawarkan di sini sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000.

Suasana di Kampung Jawa sangat unik karena kamu bisa merasakan suasana kampung yang asri dan alami. Di sini juga terdapat bangunan joglo yang bisa kamu jadikan sebagai tempat makan bersama keluarga atau teman.

  • Bubur Ikan Akhian

Tak kalah menariknya adalah Bubur Ikan Ahian yang menjadi salah satu kuliner yang paling populer di Pontianak. Lokasinya berada di Jl. WR Supratman No.A3/27, Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

Bubur ikan yang disajikan di sini terkenal dengan cita rasanya yang begitu lezat dan mampu menggoyang lidah. Bahkan, Bubur Ikan Ahian pernah memecahkan rekor Indonesia sebagai pembuat bubur ikan terbanyak di Indonesia. Bubur ikan yang disajikan di sini berbeda dengan bubur ikan pada umumnya, karena menggunakan nasi biasa yang dituangi kaldu ikan dan irisan fillet ikan.

  • Cendol Dawet Melayu

Cendol Dawet Melayu adalah salah satu warung cendol yang terkenal di Pontianak. Warung ini terletak di Jalan Teuku Umar, sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pontianak. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam cendol, mulai dari cendol original hingga cendol durian. Harga yang ditawarkan di sini sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000.

Warung ini memiliki fasilitas yang sederhana, namun cukup bersih dan nyaman untuk menikmati hidangan. Suasana di sini juga cukup ramai dan seru, terutama saat musim panas

  • Kopi Asiang

Salah satu kuliner legendaris di Pontianak adalah Kopi Asiang. Kedai kopi ini telah berdiri sejak tahun 1958 dan masih menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal hingga saat ini.

Yang membuat kedai kopi ini unik adalah kebiasaan dari pemiliknya, yaitu Koh Asiang, yang selalu bertelanjang dada saat menyeduh kopi untuk pelanggannya. Selain kopi, di sini juga tersedia bubur ayam, bubur ikan, mie, dan jajanan tradisional yang cocok disantap sebagai teman minum kopi.

  • Taman Sepeda Untan

Taman Sepeda Untan adalah salah satu tempat wisata kuliner yang populer dan selalu ramai saat sore hingga malam hari Pontianak. Terletak di kawasan kampus Universitas Tanjungpura, tempat ini memiliki area yang luas dan nyaman untuk bersantai dan menikmati kuliner.

Di sini, kamu bisa menemukan beragam kuliner seperti gorengan, pentol kuah, pentol goreng, pentol bakar, sosis, minuman es, dan jajanan lainnya di gerobak-gerobak tepi jalan.

  • Warung Suka Hati

Terakhir, Warung Suka Hati juga tak kalah populer di Pontianak karena menyajikan pisang goreng Pontianak yang sangat terkenal. Warung makan ini berlokasi di Jalan H. Agus Salim, Kelurahan Gajah Mada, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Pisang goreng yang disajikan di sini terkenal dengan rasa gurih dan manis yang khas. Selain itu, di sini juga tersedia aneka jenis kuliner lainnya yang tak kalah lezat.

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *