15 Kuliner Khas Pontianak yang Wajib Dicicipi, Dijamin Ketagihan!

0 Comments

Kuliner Khas Pontianak

Kota Pontianak adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat yang terkenal dengan beragam kuliner khasnya. Kota ini memiliki budaya makan yang kaya, dimana setiap hidangan mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda, cita rasa ini melahirkan Kuliner Khas Pontianak yang lezar dan beraneka ragam.

Berikut 10 kuliner khas Pontianak yang patut untuk dicicipi bila Anda baru berkunjung ke Kota Khatulistiwa ini.

  1. Soto Banjar, salah satu hidangan yang paling terkenal di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak. Soto Banjar adalah hidangan sup dengan bahan dasar daging sapi, disajikan dengan tambahan potongan ketupat atau lontong, telur rebus, kentang goreng, taoge, dan daun seledri. Kuah soto Banjar yang kaya akan rempah-rempah memberikan rasa yang sangat lezat dan segar.
  2. Nasi Babi Guling, hidangan khas dari Bali yang juga banyak ditemukan di Kota Pontianak. Kuliner khas Pontianak non halal ini terdiri dari nasi putih yang disajikan bersama dengan daging babi yang dipanggang dengan bumbu khas Bali. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan sate lilit, urap, dan sambal yang memberikan rasa yang sangat lezat.
  3. Kue Lapis, salah satu kue khas dari Kota Pontianak yang sangat terkenal. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, dan gula. Kue ini mempunyai lapisan yang sangat tipis dengan tekstur yang lembut dan manis. Kue ini sering disajikan pada acara-acara perayaan seperti Imlek dan Natal.
  4. Mie Tiaw, hidangan mie khas dari Kota Pontianak yang terbuat dari tepung beras. Mie Tiaw ini disajikan dengan tambahan udang, daging ayam, tauge, dan telur. Kuah dari Mie Tiaw terbuat dari kaldu ayam yang sangat lezat dan pedas. Mie Tiaw sangat cocok dijadikan sebagai hidangan sarapan atau makan malam.
  5. Es Krim Pisang, salah satu hidangan penutup yang sangat populer di Kota Pontianak. Hidangan ini terdiri dari es krim vanila yang disajikan dengan tambahan pisang ijo yang dihancurkan dan sirup gula merah. Es krim Pisang Ijo sangat cocok untuk dinikmati pada hari yang panas.
  6. Ayam Panggang Madu, salah satu hidangan ayam yang sangat terkenal di Kota Pontianak. Ayam Panggang Madu ini terdiri dari daging ayam yang dipanggang dengan bumbu madu yang sangat khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan nasi putih dan sayuran hijau.
  7. Sate Kalimantan, hidangan sate yang sangat terkenal di Kota Pontianak. Hidangan ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Sate Kalimantan disajikan
  8. Sup Merah, hidangan sup khas Kota Pontianak yang terbuat dari bahan dasar daging sapi atau daging kerbau yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Kuahnya berwarna merah karena menggunakan bahan dasar cabai merah yang dihaluskan. Sup Merah biasanya disajikan dengan potongan ketupat atau lontong, taoge, dan daun seledri. Hidangan ini sangat cocok untuk disantap pada saat cuaca dingin.
  9. Soto Sapi, hidangan sup khas Kota Pontianak yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, daun jeruk, dan serai. Kuahnya yang kaya akan rempah memberikan cita rasa yang sangat lezat dan segar. Soto Sapi disajikan dengan tambahan potongan ketupat atau lontong, telur rebus, kentang goreng, taoge, dan daun seledri.
  10. Sate Padang, hidangan sate khas dari Sumatera Barat yang juga banyak ditemukan di Kota Pontianak. Hidangan ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Sate Padang disajikan dengan kuah kacang yang kental dan bumbu rempah-rempah yang pedas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan nasi putih dan krupuk.
  11. Es Kacang Merah, minuman segar yang terbuat dari campuran es serut, kacang merah rebus, tape ketan hitam, cincau hitam, dan sirup kental manis. Minuman ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas di Kota Pontianak.
  12. Es Kopyor, minuman segar yang terbuat dari kelapa muda yang diparut halus dan dicampur dengan susu dan sirup kental manis. Minuman ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas di Kota Pontianak.
  13. Es Doger, minuman segar yang terbuat dari campuran es serut, nangka muda, kolang-kaling, dan tepung hunkwe yang disiram dengan santan kelapa dan sirup kental manis. Minuman ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas di Kota Pontianak.
  14. Teh Tarik, minuman teh yang diolah dengan cara ditarik dan diaduk secara terus-menerus hingga menghasilkan busa yang lembut. Teh Tarik sangat populer di Kota Pontianak dan biasanya disajikan dengan tambahan susu kental manis.
  15. Kopi Susu, minuman kopi yang dicampur dengan susu kental manis. Kopi Susu sangat populer di Kota Pontianak dan biasanya disajikan dengan tambahan es batu.

Nah, Itulah 15 kuliner khas Pontianak yang sangat lezat dan patut untuk dicoba. Jika Anda ingin mencicipi kuliner-kuliner di atas, Anda bisa mencarinya di berbagai tempat makan yang ada di Kota Pontianak.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep-resep yang ada di internet atau buku masakan. Selamat mencoba!

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *