Kuliner dan Takjil Khas Pontianak untuk Berbuka Puasa

0 Comments

Takjil Khas Pontianak untuk Berbuka Puasa

Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, dikenal sebagai salah satu kota dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Khususnya saat bulan Ramadan tiba, banyak restoran dan warung makan yang menawarkan berbagai hidangan untuk buka puasa. Berikut adalah beberapa kuliner dan takjil khas Pontianak untuk berbuka puasa.

Takjil Khas Pontianak untuk Buka Puasa

Selain hidangan utama, takjil atau makanan kecil yang disajikan saat berbuka puasa sangat penting untuk menunjang kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa seharian. Di Pontianak, ada beberapa takjil khas yang bisa dinikmati saat berbuka puasa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman es khas Pontianak yang terbuat dari kacang merah yang direbus dan dicampur dengan sirup gula merah, santan kelapa, dan es serut. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa dan memberikan rasa segar yang khas.

  • Kolak

Kolak adalah hidangan manis khas Indonesia yang terbuat dari pisang atau ubi yang direbus dengan santan kelapa dan gula merah. Hidangan ini sangat cocok untuk menjadi takjil karena mengandung banyak karbohidrat dan gula alami yang dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang saat berpuasa.

  • Kue Bingka (Bingke)

Kue Bingka atau yang akrab dikenal Bingke ini merupakan kue tradisional Kalimantan Barat yang terbuat dari ketan, kelapa parut, dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Kue Bingka cocok dijadikan hidangan penutup saat buka puasa.

  • Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman yang terbuat dari es serut yang dicampur dengan kacang merah, jelly, cincau, dan sirup gula. Es Kacang Merah memiliki rasa manis dan segar yang cocok untuk menghilangkan dahaga saat buka puasa.

  • Dadar Gulung

Dadar Gulung adalah makanan manis khas Pontianak yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kelapa parut dan gula merah. Makanan ini biasanya disajikan dalam bentuk gulung dan diiris kecil-kecil. Dadar gulung dapat menjadi pilihan takjil yang lezat dan nikmat saat berbuka puasa.

  • Es Cincau

Es Cincau adalah minuman segar khas Indonesia yang terbuat dari cincau atau agar-agar hitam yang dipotong-potong dan dicampur dengan sirup gula merah dan es serut. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan memberikan rasa segar saat berbuka puasa.

Nah itulah beberapa takjil khas Pontianak yang cocok untuk disantap saat berbuka puasa. Semua makanan dan minuman tersebut memiliki rasa yang unik dan lezat, dan pastinya akan memuaskan selera Anda setelah seharian berpuasa.

Saat berbuka puasa di Pontianak, Anda juga tidak boleh melewatkan untuk mencicipi berbagai macam minuman segar, seperti Es Kelapa Muda, Es Buah, dan Es Jeruk Nipis. Minuman-minuman ini cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Kuliner Khas Pontianak untuk Buka Puasa

  • Bubur Pedas

Bubur Pedas adalah hidangan bubur khas Pontianak yang memiliki rasa pedas dan gurih. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah khas Pontianak seperti lengkuas, daun salam, dan sereh. Bubur pedas biasanya disajikan dengan potongan ayam atau daging sapi dan kerupuk sebagai pelengkap.

  • Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan khas Kalimantan Selatan, namun banyak ditemukan di Pontianak. Soto Banjar terdiri dari kuah kaldu ayam yang gurih, irisan daging ayam yang empuk, tauge, dan mie kuning. Biasanya, hidangan ini disajikan bersama emping sebagai topping. Soto Banjar sangat cocok sebagai hidangan pembuka saat buka puasa.

  • Nasi Goreng Kambing

    Nasi goreng kambing adalah salah satu kuliner khas Pontianak yang patut dicoba saat buka puasa. Nasi goreng ini terbuat dari nasi yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia, kemudian dicampur dengan daging kambing yang telah dimasak hingga empuk. Nasi goreng kambing biasanya disajikan dengan acar dan sambal sebagai pelengkap.

  • Sate Kalimantan

Sate Kalimantan adalah hidangan yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar hingga matang. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, daging kambing, atau ayam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan acar. Sate Kalimantan cocok dijadikan hidangan utama saat buka puasa.

  • Soto Pontianak

Soto Pontianak adalah hidangan yang terdiri dari kuah kaldu ayam yang kental dan gurih, potongan daging ayam, tauge, mie kuning, dan koya sebagai taburan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong sebagai pelengkap. Soto Pontianak cocok dijadikan hidangan pembuka atau utama saat buka puasa.

  • Bakso Kikil

Bakso Kikil adalah hidangan yang terdiri dari bakso yang terbuat dari daging sapi yang kenyal dan enak, dan kikil yang empuk dan gurih. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan mie sebagai pelengkap. Bakso Kikil cocok dijadikan hidangan utama saat buka puasa.

Itulah beberapa kuliner dan takjil khas Pontianak yang cocok untuk disantap saat buka puasa. Selain kuliner di atas, masih ada banyak lagi pilihan hidangan yang bisa dinikmati di Pontianak, seperti Sop Konro, Soto Ayam Lamongan, Pempek, dan masih banyak lagi.

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *