Jajanan Khas Pontianak Apa Aja?

0 Comments

Jajanan Khas Pontianak

Jajanan adalah makanan atau minuman yang biasanya dijual di warung-warung kecil, kaki lima, atau pasar tradisional; seperti di Kota Pontianak, hampir setiap sudut kota dan persimpangan jalannya ada gerobak-gerobak yang menjual jajanan. Berikut jajanan Khas Pontianak yang selalu jadi pilihan masyarakat saat bersantai ria.

Jajanan sering dijual dalam jumlah kecil dan biasanya disajikan dalam bentuk yang mudah dimakan atau dipegang, seperti makanan ringan atau camilan. Jajanan sering kali memiliki rasa atau aroma yang khas dan menjadi bagian penting dari budaya kuliner suatu daerah atau negara.

Jajanan Khas Pontianak

Jajanan khas Pontianak adalah salah satu kuliner yang patut dicoba bagi pecinta makanan tradisional Indonesia, terkhusus bagi mereka yang baru menginjakkan kaki di Kota Khatulistiwa ini. Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat memiliki banyak kuliner yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

  • Pentol Kuah

Pentol kuah merupakan salah satu jajanan khas Pontianak yang banyak dijumpai di warung-warung makanan dan kaki lima. Jajanan ini terbuat dari adonan daging sapi atau ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu. Pentol kemudian direbus dalam kuah kaldu yang terdiri dari daging sapi, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah. Kuah kaldu ini biasanya disajikan dengan mie, tauge, dan bawang goreng. Rasanya sangat lezat dan cocok dinikmati pada malam hari.

  • Gorengan

Gorengan merupakan jajanan khas Pontianak yang banyak dijumpai di kaki lima atau pasar tradisional. Gorengan ini terdiri dari berbagai macam jenis seperti tahu isi, tempe goreng, bakwan, dan lumpia. Biasanya gorengan ini dijual dalam satu tempat atau gerobak yang sama dan dihidangkan dengan saus sambal atau saus kacang. Jajanan ini sangat cocok sebagai camilan atau sarapan pagi.

  • Chai Kwe

Chai Kwe atau Choi Pan adalah kue yang berisi sayur dan dibalut dengan adonan tepung beras, terdapat dua jenis, kukus dan goreng, dengan isian seperti bengkoang, kucai, rebung, talas, dan kacang.

  • Martabak Telur

Martabak Telur adalah jajanan khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Pontianak. Martabak ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan bawang merah yang digoreng hingga matang. Martabak kemudian diiris-iris dan disajikan dengan saus kacang atau saus sambal. Rasanya gurih dan renyah, dan sangat cocok sebagai makanan ringan pada sore hari.

  • Roti Cane

Roti Cane adalah roti pipih yang tipis dan lembut, dan sering dijumpai di daerah Kalimantan Barat. Roti ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan margarin. Roti kemudian dipanggang pada wajan datar dan disajikan dengan saus kari yang kaya akan rempah-rempah. Roti Cane sangat cocok sebagai sarapan atau makan siang.

  • Siomay

Siomay adalah hidangan dari daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu lainnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Siomay Pontianak memiliki ciri khas yaitu daging ikannya yang dipotong kecil-kecil dan diberi taburan bawang goreng di atasnya. Siomay Pontianak menjadi salah satu makanan ringan yang populer di kota ini dan bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di pasar tradisional dan di kaki lima.

  • Pisang Goreng

Pisang goreng adalah jajanan khas Pontianak yang sangat populer di seluruh Indonesia. Jajanan ini terbuat dari pisang yang dilapisi adonan tepung dan digoreng hingga kecokelatan. Pisang goreng biasanya dijual di kaki lima atau warung-warung makanan. Rasanya manis, renyah, dan sangat cocok dinikmati sebagai makanan ringan atau camilan.

  • Es Buah

Es buah adalah minuman segar yang terbuat dari potongan buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, dan jeruk. Buah-buahan kemudian dicampur dengan es serut, susu kental manis, dan sirup. Es buah sangat cocok dinikmati pada siang hari atau setelah makan berat.

  • Es Campur

Es campur adalah minuman segar yang sering ditemukan di Pontianak dan daerah sekitarnya. Minuman ini terdiri dari es serut, potongan buah-buahan, kolang-kaling, cincau, agar-agar, dan sirup. Es campur biasanya disajikan dalam mangkuk besar dan sangat cocok sebagai makanan penutup setelah makan berat.

  • Es Jeruk

Es jeruk adalah minuman segar yang biasanya dijual di warung-warung kaki lima atau toko-toko minuman. Es jeruk disajikan dalam gelas besar yang berisi es batu dan jeruk yang diperah. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus pada siang hari.

  • Pentol Bakar

Pentol bakar adalah jajanan khas Pontianak yang terbuat dari adonan daging sapi atau ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu. Pentol kemudian dibakar dengan api arang dan disajikan dengan saus kecap atau saus sambal. Rasanya sangat gurih dan enak, dan cocok dinikmati sebagai makanan ringan atau camilan.

  • Mpek-mpek

Mpek-Mpek adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi bola-bola dan disajikan dengan kuah cuka yang asam dan pedas. Hidangan ini menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan banyak dicari oleh masyarakat.

  • Telur Gulung

Telur gulung adalah jajanan khas Pontianak yang terbuat dari telur ayam yang diaduk dan digulung seperti omelet. Telur kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan saus kecap dan bawang goreng. Rasanya gurih dan lezat, dan cocok sebagai makanan ringan pada sore hari.

  • Pentol Telur

Pentol telur adalah jajanan khas Pontianak yang terbuat dari adonan daging sapi atau ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu, lalu diisi dengan telur ayam. Pentol kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kecap atau saus sambal. Rasanya sangat gurih dan enak, dan cocok sebagai makanan ringan atau camilan.

  • Pengkang

Pengkang atau Pekkang, terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar, memberikan rasa gurih dan kenyal yang memukau.

  • Es

    Potong

Es potong adalah es batu berisi jus buah atau sirup dengan berbagai rasa, seperti rasa durian, jeruk, mangga, dan lain-lain. Es potong sangat populer di Pontianak karena menyegarkan dan cocok dijadikan cemilan saat cuaca panas.

  • Es Lidah Buaya

Es lidah buaya adalah minuman dingin yang terbuat dari lidah buaya yang dicampur dengan sirup, gula, dan air. Es lidah buaya sangat populer karena rasanya yang segar dan manfaatnya untuk kesehatan.

  • Roti Bakar

Roti bakar adalah roti yang dipanggang di atas api atau oven, kemudian diberi selai, mentega, atau krim. Roti bakar sangat populer di Pontianak, terutama di tempat-tempat makan yang menyediakan menu sarapan.

  • Molen

Molen adalah kue pastri yang berbentuk lonjong dan diisi dengan krim atau selai. Molen sangat populer di Pontianak dan sering dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *