30+ Pilihan Kuliner Pontianak yang Wajib Dicoba saat Berwisata ke Pontianak

0 Comments

Kuliner Pontianak

Pontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang kaya akan cita rasa. Terletak di Provinsi Kalimantan Barat, kota ini memiliki banyak makanan khas yang patut dicicipi. Berikut adalah beberapa kuliner Pontianak yang paling terkenal dan direkomendasikan untuk dicoba!

Kuliner adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan makanan dan minuman yang dihasilkan oleh suatu wilayah atau daerah tertentu. Istilah ini berkaitan dengan budaya dan tradisi setempat, dan mencakup berbagai jenis hidangan mulai dari makanan ringan, makanan berat, hidangan penutup, minuman, dan lain sebagainya.

Kuliner seringkali dijadikan sebagai daya tarik wisata bagi sebuah kota atau daerah, karena kuliner dapat menggambarkan ciri khas dan keunikan dari wilayah tersebut. Sebagai contoh, Pontianak memiliki berbagai macam kuliner yang terkenal di dunia, seperti nasi babi guling, es kacang merah, siomay, mpek-mpek, dan lainnya.

Kuliner Pontianak

Dirangkum dari berbagai sumber berikut puluhan kuliner Pontianak yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Seribu Warung Kopi ini:

  • Kiam Ko Kwe

Kiam ko kwe atau biasa disebut dengan kue keranjang adalah salah satu makanan khas Pontianak yang berasal dari budaya Tionghoa. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, gula merah, dan bahan pengembang seperti ragi atau baking powder. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan bulat atau persegi yang terbuat dari anyaman bambu atau daun pisang.

  • Martabak Manis

Martabak Manis adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, susu, dan gula yang kemudian dipanggang. Hidangan ini biasanya diisi dengan selai kacang, keju, atau cokelat. Martabak manis menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di malam hari dan banyak dijual di pusat-pusat kuliner di Pontianak.

  • Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah makanan yang terbuat dari nasi yang digoreng dengan campuran bumbu-bumbu seperti kecap, bawang, cabai, dan telur. Hidangan ini biasanya disajikan dengan irisan timun, tomat, dan kerupuk. Nasi Goreng menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan bisa ditemukan di berbagai tempat, baik di restoran maupun di warung pinggir jalan.

  • Soto

Soto adalah hidangan sup yang terbuat dari daging ayam atau sapi dengan bumbu rempah yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, irisan daun seledri, dan kerupuk. Soto menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan menjadi sarapan favorit bagi masyarakat setempat.

  • Sotong Pangkong

Salah satu kuliner khas Pontianak yang terkenal adalah Sotong Pangkong, terbuat dari cumi kering yang dipanggang dan disiram dengan kuah sambal kacang yang pedas dan gurih.

  • Mie Tiaw Pontianak

Mie khas Pontianak yang dapat ditemukan di sekitar Jalan Pattimura. Warung ini menyajikan mie tiaw goreng dan mie tiaw kuah, disajikan bersama jeroan, kulit, daging sapi, daun sawi, dan tauge, memberikan rasa gurih dan kenyal yang menggoda.

  • Lontong Sayur

Lontong Sayur adalah hidangan yang terdiri dari nasi lontong yang dipotong-potong, sayuran, tauge, dan kerupuk. Hidangan ini disajikan dengan kuah santan yang gurih dan pedas. Lontong Sayur menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di kaki lima atau di pusat-pusat kuliner.

  • Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan sup ayam yang terkenal di Kalimantan. Di Pontianak, Soto Banjar menjadi salah satu makanan yang populer. Hidangan ini terdiri dari daging ayam yang dimasak dalam kuah kaldu yang gurih dan disajikan dengan nasi, tauge, dan irisan ketupat. Soto Banjar menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di pagi hari.

  • Pengkang

Pengkang atau Pekkang, terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar, memberikan rasa gurih dan kenyal yang memukau.

  • Pisang Goreng Pontianak

Pisang Goreng Pontianak juga patut dicoba, terkenal dengan tekstur renyah dan berbagai macam topping seperti coklat, susu, pandan, durian, kacang, nangka, keju, atau srikaya.

  • Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan komoditas yang banyak ditemukan di Pontianak dan diolah menjadi dodol, kerupuk, permen, sirup, atau es yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

  • Lempok Durian

Lempok Durian juga cocok bagi pecinta durian, dengan tekstur seperti dodol dan perpaduan rasa manis dan asam dari durian.

  • Kwe Cap

Kwe Cap atau kue tajuk banyak ditemukan di daerah Jalan Gajah Mada, Jalan Setiabudi, atau Jalan Veteran, dengan penjual yang memodifikasi rasa dan tampilannya.

  • Chai Kwe

Chai Kwe atau Choi Pan adalah kue yang berisi sayur dan dibalut dengan adonan tepung beras, terdapat dua jenis, kukus dan goreng, dengan isian seperti bengkoang, kucai, rebung, talas, dan kacang.

  • Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting, makanan yang memiliki tekstur lembut dan rasa asin manis, terdapat dua varian yang terkenal, yaitu Bakmi Owki dan Bakmi Juhuy, dengan tambahan isian mewah berupa daging kepiting.

  • Sate Kelapa

Sate Kelapa adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Ciri khas dari Sate Kelapa adalah bumbu kacang yang disiram dengan kelapa parut yang membuat cita rasanya semakin nikmat.

  • Mie Kepiting

Mie Kepiting adalah hidangan mi yang terkenal di Pontianak. Hidangan ini terdiri dari mi yang dicampur dengan kepiting, udang, dan sayuran. Biasanya hidangan ini disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Mie Kepiting menjadi favorit di kalangan masyarakat Pontianak dan banyak wisatawan yang datang ke Pontianak untuk mencicipinya.

  • Mie Belitung

Mie Belitung adalah hidangan mie khas Belitung yang bisa ditemukan di beberapa tempat di Pontianak. Mie ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan dibentuk tipis-tipis. Hidangan mie Belitung ini biasanya disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran ikan dan rempah-rempah. Di atas mie, biasanya ditambahkan irisan tahu, irisan telur, dan kerupuk sebagai pelengkap.

  • Siomay

Siomay adalah hidangan dari daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu lainnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Siomay Pontianak memiliki ciri khas yaitu daging ikannya yang dipotong kecil-kecil dan diberi taburan bawang goreng di atasnya. Siomay Pontianak menjadi salah satu makanan ringan yang populer di kota ini dan bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di pasar tradisional dan di kaki lima.

  • Martabak Telur

Martabak Telur adalah hidangan yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, daging cincang, dan bumbu-bumbu lainnya. Hidangan ini kemudian dibentuk seperti pancake dan diisi dengan telur dadar, daging cincang, bawang goreng, dan acar. Martabak Telur menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di kaki lima atau di pusat-pusat kuliner.

  • Rujak Es Krim

Rujak Es Krim adalah makanan penutup atau dessert yang terdiri dari es krim vanila yang disajikan dengan potongan buah-buahan seperti nanas, mangga, dan jambu biji. Potongan buah-buahan tersebut kemudian diberi bumbu rujak yang pedas dan asam. Hidangan ini menjadi alternatif untuk mencicipi rasa manis dan segar setelah menikmati hidangan khas Pontianak yang pedas.

  • Sop Konro

Sop Konro adalah hidangan sup daging sapi yang berasal dari Makassar. Namun, di Pontianak, Sop Konro menjadi salah satu hidangan yang populer dan terkenal. Hidangan ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya dan disajikan dengan nasi putih. Sop Konro menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di siang atau malam hari.

  • Nasi Babi Guling

Nasi Babi Guling adalah hidangan nasi yang terkenal di Bali. Namun, di Pontianak, Nasi Babi Guling juga menjadi makanan yang populer dan banyak dicari oleh masyarakat. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan irisan daging babi yang empuk dan renyah. Nasi Babi Guling menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di siang atau malam hari.

  • Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman yang terbuat dari campuran es serut, kacang merah, susu kental manis, dan sirup. Minuman ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Pontianak dan sering dijadikan sebagai minuman penyejuk di siang hari.

  • Es Dawet

Es Dawet adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan air kelapa yang diberi tambahan sirup. Minuman ini disajikan dengan es serut dan dawet yang memiliki tekstur kenyal. Es Dawet menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di siang atau malam hari.

  • Sop Kambing

Sop Kambing adalah hidangan sup yang terbuat dari daging kambing dan diolah dengan bumbu rempah yang kaya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal yang pedas. Sop Kambing menjadi salah satu hidangan yang populer di Pontianak dan cocok untuk dinikmati di malam hari.

  • Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Sumatera Barat yang terkenal di seluruh Indonesia. Namun, di Pontianak, Sate Padang juga menjadi salah satu makanan yang populer. Hidangan ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Sate Padang menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di siang atau malam hari.

  • Kue Bantal

Kue Bantal adalah kue khas Pontianak yang terbuat dari campuran tepung ketan dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis. Kue Bantal menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pontianak.

  • Roti Cane

Roti Cane adalah roti pipih yang terbuat dari campuran tepung terigu dan mentega. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kari atau acar dan menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di pagi atau siang hari.

  • Mpek-mpek

Mpek-Mpek adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi bola-bola dan disajikan dengan kuah cuka yang asam dan pedas. Hidangan ini menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan banyak dicari oleh masyarakat.

  • Bakso

Bakso adalah bola daging yang biasanya terbuat dari campuran daging sapi atau ayam dan tepung kanji. Bakso biasanya disajikan dengan mie, kuah kaldu, dan irisan daun bawang. Bakso menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan banyak ditemui di berbagai tempat.

  • Kue Apam Balik

Kue Apam Balik adalah kue dadar yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan santan. Kue ini biasanya diisi dengan kacang hijau dan gula merah dan kemudian dibalik dan dipanggang. Kue Apam Balik menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati di pagi atau sore hari.

  • Laksa

Laksa adalah hidangan mie kuah yang terbuat dari bahan-bahan seperti daging ayam, ikan, udang, sayuran dan bumbu rempah yang khas. Laksa Pontianak memiliki ciri khas yaitu menggunakan mie berbentuk bulat pipih yang disebut laksa atau lakse, serta kuah yang gurih dan pedas. Laksa menjadi salah satu makanan yang populer di Pontianak dan menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke kota ini.

  • Sate Kelinci

Sate Kelinci menjadi salah satu makanan unik yang bisa ditemukan di Pontianak. Hidangan ini terdiri dari daging kelinci yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Sate kelinci memiliki tekstur daging yang empuk dan rasanya sangat enak. Meskipun tergolong makanan yang tidak biasa, sate kelinci menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba bagi para penggemar kuliner.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Pontianak yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini. Semua makanan tersebut memiliki cita rasa yang kaya dan unik serta menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Pontianak.

Selain kuliner di atas, masih banyak lagi makanan khas lainnya yang dapat ditemukan di Pontianak. Jangan lupa untuk mencicipi dan merasakan sendiri kelezatan kuliner khas dari kota ini saat berkunjung ke Pontianak.

Selamat mencoba, selamat menikmati guys!

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *